Ketahui Jenis-Jenis Minyak Goreng yang Baik Untuk Kesehatan

minyak goreng yang baik untuk kesehatan

Minyak untuk memasak makanan haruslah sehat. Indikator untuk menilai apakah minyak goreng tersebut sehat atau tidak adalah jenis dan jumlah lemak yang terkandung di dalamnya. Biasanya, minyak goreng yang sehat mempunyai kadar lemak tidak jenuh tunggal yang tinggi. 

Lemak tak jenuh tunggal merupakan salah satu sumber lemak paling sehat yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, minyak goreng sehat juga mengandung lemak tak jenuh ganda yang bisa meningkatkan kesehatan jantung. 

Nah, berikut ini adalah beberapa jenis minyak goreng yang baik untuk kesehatan. Yuk langsung kita simak! 

Minyak Zaitun 

Pertama, ada minyak zaitun yang mengnadung lemak tak jenuh tunggal sebesar 78% dan lemak tak jenuh ganda sekitar 8%. Selain tinggi kandungan lemak tak jenuh tunggal, jenis minyak ini juga kaya akan antioksidan (polifenol) yang mendukung kesehatan jantung. 

Minyak zaitun bisa kita gunakan untuk menumis sayuran serta menjadi dressing salad yang lezat. Namun, minyak ini kurang cocok untuk menggoreng dengan cara deep fry, karena mempunyai titik didih yang rendah. 

Minyak Wijen 

Selanjutnya adalah minyak wijen. Kandungan lemak tak jenuh tunggalnya sekitar 41% dan lemak tak jenuh ganda sebesar 44%. Minyak wijen bisa meningkatkan kesehatan jantung, lho. 

Biasanya, jenis minyak satu ini digunakan sebagai penambah rasa pada tumisan dan dressing salad. Beberapa jenis minyak wijen juga memiliki titik didih yang tinggi, sehingga bisa kita pakai untuk menumis dan menggoreng makanan. 

Minyak Kacang 

Minyak kacang mengandung lemak tak jenuh tunggal sebesar 48%, lemak tak jenuh ganda 34% serta lemak jenuh sekitar 18%. Jenis minyak ini paling sesuai kita gunakan untuk segala masakan yang dipanggang atau ditumis. 

Selain itu, minyak kacang juga menjadi pilihan yang tepat untuk teknik memasak dalam panas tinggi. Minyak kacang mengandung phythosterol yang baik bagi jantung, juga lemak nabati yang bisa menurunkan kolesterol dan menghambat perkembangan kanker. 

Selain tiga jenis minyak di atas, jenis minyak goreng sehat yang lain di antaranya minyak biji anggur dan minyak canola. Salah satu cara sederhana untuk beralih ke gaya hidup sehat adalah mengganti jenis minyak goreng untuk memasak. Dengan begitu, asupan makanan yang kita konsumsi juga bisa sehat dan aman. 

Untuk mengetahui tips-tips memulai hidup sehat, bisa mengunjungi laman sirka.io atau aplikasinya yang bisa diunduh melalui Google Playstore maupun App Store. Mereka juga menyediakan layanan kesehatan berupa program, bimbingan serta pendampingan produk dan nutrisi oleh para expert di bidangnya. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Ketahui Jenis-Jenis Minyak Goreng yang Baik Untuk Kesehatan"

List Blog Keren Rajabacklink