Panduan Mencuci Mesin Mobil yang Aman dan Cepat

Tidak harus pergi ke bengkel, kini membersihkan mesin mobil bisa dilakukan sendiri di rumah. Membersihkan mesin mobil memang jadi kebiasaan yang baik untuk merawat mobil, baik mobil baru atau mobil yang sudah lama dipakai.

Untuk pemilik mobil yang baru di beli, mencuci mesin bisa dilakukan setelah melakukan perjalanan jauh atau ketika mobil kotor. Pencucian mesin bisa membuat mesin berada dalam kondisi prima dan menghindari kemungkinan adanya kerusakan karena hewan atau hal lain.
Apakah Aman Mencuci Mobil?

Banyak pemilik mobil yang masih kebingungan apakah mesin mobil boleh dicuci. Jawabannya adalah boleh, malah disarankan, tapi tentunya pembersihan mesin punya metode sendiri yang harus dilakukan dengan benar.

Jika tidak dilakukan sesuai prosedur, mesin kemungkinan malah akan mengalami kerusakan. Karena itu, sebelum melakukanpencucian mesin, sebaiknya persiapkan bahan pembersihnya terlebih dahulu, mulai dari lap microfiber, sabun khusus untuk mencuci mobil, dan kuas berukuran mini untuk mengangkat kotoran. 

Cara Mencuci Mesin Mobil 

1. Periksa Karet Seal

Cara mencuci mesin mobil yang pertama adalah memeriksa karet seal terlebih dahulu. Pastikan bagian tersebut tidak getas, karena jika getas atau aus, kemungkinan air akan masuk ke dalam mesin dan menyebabkan korslet atau masalah.

Jika mencuci mobil baru, kondisi karet seal biasanya masih aman dan tertutup. Tapi jika mencuci mobil lama, kemungkinan karet seal sudah getas dan tipis, jadi harus hati hati ketika melakukan pencucian. Kalau semua bagian masih dalam keadaan baik, proses pencucian bisa dilanjutkan ke tahap berikutnya. 

2. Siram dengan Air dan Sabun

Langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa mesin mobil sudah dalam keadaan dingin. Dengan suhu yang normal, mesin tidak akan mengalami masalah ketika disiram dengan air. Campurkan sabun khusus pencuci mobil dan air, kemudian siramkan secara perlahan ke mobil baru.

Setelah semua bagian terkena siraman air, lanjutkan dengan menyabuni mesin dan komponen lainnya. Gunakan lap microfiber agar mesin tak mengalami goresan, sedangkan untuk celah celah yang sulit dicapai bisa memakai kuas kecil. 

3. Bilas dengan Bersih

Proses pencucian sudah selesai, kini saatnya membilas mesin mobil sampai bersih. Usahakan segera menyiram mesin ketika sedang di cuci untuk menghindari bekas bercak sabun. Langsung keringkan dengan kain microfiber agar tak ada bekas air yang tersisa.

Proses pengeringan harus dilakukan dengan seksama, jangan tergesa gesa untuk menghindari adanya air yang tertinggal. Langkah terakhir adalah menutup kap mesin dan memanasi mobil, cara ini akan membuat sisa air yang masih menempel bisa kering dengan sempurna.

Merawat mobil baru ternyata tak hanya sekedar melakukan servis di bengkel, tapi juga mencuci mesinnya jika memang di perlukan. Dengan mencuci mesin, semua bagian mobil kini sudah berada dalam kondisi bersih dan nyaman digunakan.

Posting Komentar untuk "Panduan Mencuci Mesin Mobil yang Aman dan Cepat"

List Blog Keren Rajabacklink