Dianggap Berkhasiat, Benarkah Cuka Apel Dapat Meredakan Vertigo

Vertigo merupakan pusing disertai sensasi berputar meski kamu sedang diam. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa mual. Vertigo terjadi saat otak merasa tubuh tidak seimbang, padahal sebetulnya tidak demikian.

Saat mengalami vertigo, kamu harus segera duduk agar tidak terjatuh atau terluka. Biasanya vertigo menjadi gejala dari kondisi medis tertentu, namun bisa berbeda pada setiap orang. Vertigo bisa diobati dengan beberapa cara, baik secara medis maupun alami. Lalu, benarkah cuka apel bisa mengurangi vertigo?

Apakah Cuka Apel Bisa Meredakan Vertigo?

Cuka sari apel disebut dapat melancarkan aliran darah ke otak. Untuk mencegah atau mengobati gejala vertigo, cuka apel lebih baik jika dicampur dengan madu.

Selain ditambahkan ke dalam resep menu makan sehat, cuka apel juga sering dijadikan sebagai obat alami karena efek antimikroba dan antioksidan yang dimilikinya.

Cuka sari apel dinilai mampu membantu menurunkan berat badan, mengontrol kolesterol, dan mengurangi kadar gula darah. Namun, penggunaannya untuk mengobati vertigo atau penyakit lain tidak bisa dijadikan sebagai pengobatan utama.

Artinya, jika gejala vertigo kambuh, lebih baik konsultasikan pada dokter dan dapatkan resep obat jika diperlukan. 

Manfaat Cuka Apel

Cuka apel memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, berikut beberapa di antaranya:

Mengandung Zat Sehat

Aroma dan rasa asam pada cuka ini berasal dari kandungan asam asetat yang bagus untuk kesehatan. Cuka apel organik mengandung protein, enzim, bakteri baik, tidak memiliki banyak kandungan vitamin atau mineral, namun bahan alami satu ini mempunyai sedikit kalium.

Dapat Membunuh Bakteri Berbahaya

Cuka sari apel dapat membunuh patogen, termasuk bakteri berbahaya. Secara tradisional, cuka jenis ini dimanfaatkan untuk membersihkan maupun mendisinfeksi, mengobati jamur, kutu, kulit, hingga infeksi telinga. Cuka merupakan pengawet makanan alami yang mampu menghambat perkembangan bakteri, seperti E. coli.

Mengurangi Kadar Gula Darah dan Mengontrol Diabetes

Manfaat lainnya yaitu, cuka sari apel mampu membantu mengobati diabetes tipe 2. Tanda diabetes tipe 2 adalah tingginya kadar gula darah yang diakibatkan oleh resistensi insulin alias ketidakmampuan tubuh dalam memproduksi insulin. Meski begitu, pola hidup sehat tetap harus diterapkan untuk membantu mencegah dan mengontrol diabetes.

Menurunkan Berat Badan

Beberapa studi menyebutkan bahwa cuka dapat meningkatkan rasa kenyang. Ini dapat membuatmu makan lebih sedikit kalori dan berat badan pun berkurang. Mengonsumsi cuka sari apel dengan menu makan sehat yang tinggi karbohidrat menyebabkan rasa kenyang. Dalam satu sendok makan cuka sari apel hanya mengandung tiga kalori saja.

Penyebab Vertigo yang Perlu Diwaspadai

Vertigo umumnya disebabkan oleh masalah keseimbangan di telinga bagian dalam atau sistem saraf pusat (SSP). Berikut ini beberapa kondisi medis yang bisa memicu vertigo: 

  • Labirinitis, yaitu peradangan pada labirin telinga bagian dalam akibat infeksi.  
  • Neuritis Vestibular, yaitu peradangan pada saraf vestibular karena infeksi, namun tidak memengaruhi pendengaran. 
  • Cholesteatoma, pertumbuhan kulit non kanker yang berkembang di telinga bagian tengah, biasanya dikarenakan infeksi berulang. 
  • Penyakit Méniere, menumpuknya cairan di telinga bagian dalam yang menyebabkan vertigo disertai dengungan telinga hingga gangguan pendengaran.

Itulah tips sehat dan manfaat cuka apel untuk mengobati vertigo. Meski termasuk kondisi yang umum dialami orang-orang, namun sebaiknya hindari masalah kesehatan ini. Salah satunya dengan menerapkan pola hidup sehat.

Kamu juga bisa menambahkan cuka sari apel ke dalam menu makan sehat harian. Ingin tahu belinya dimana? Sekarang kamu bisa cuka apel secara online lewat website Healthy Choice, langsung klik di sini.

Posting Komentar untuk " Dianggap Berkhasiat, Benarkah Cuka Apel Dapat Meredakan Vertigo"

List Blog Keren Rajabacklink