Penting! Ketahui Etika Meeting Online Agar Terlihat Profesional

aktivasi sim

Selama pandemi COVID-19, banyak perusahaan yang menerapkan WFH (Work From Home) yang menyebabkan mayoritas rapat atau meeting dilakukan secara online. Untuk mendukungnya, tentu perlu paket data yang diisikan pada kartu SIM agar internet selalu lancar ketika rapat.

Terlebih bagi yang rumahnya tidak dipasang Wi-Fi. Meski begitu, ternyata masih banyak juga yang tidak memahami etika meeting online. Pada dasarnya, etika pada saat meeting online kurang lebih sama dengan meeting biasa umumnya.

Nah, berikut ini adalah beberapa etika rapat daring yang perlu kamu tahu dan perhatikan. Simak baik-baik, ya! 

Mengenakan Pakaian yang Tepat

Ketika menghadiri meeting online, baik dengan anggota tim atau atasan, kamu tetap harus terlihat profesional. Pakai blouse atau atasan lain yang nyaman, pastinya terlihat rapi di depan kamera.

Memang ini semua tergantung budaya perusahaan yang menjadi tempatmu bekerja. Namun setidaknya, jangan mengenakan pakaian seperti setelan olahraga, baju tidur atau bahkan menggunakan handuk di kepala setelah mandi. 

Pilih Tempat yang Sesuai

Etika meeting online berikutnya yang harus kamu perhatikan adalah tempat yang akan menjadi latar belakang video. Usahakan mengikuti meeting di ruang kerja atau sudut di kamar tidur.

Jangan pilih tempat yang tidak kondusif, karena itu akan membuatmu kurang fokus dengan meeting yang diadakan. Padahal, kamu perlu mengetahui isi atau pembahasan rapat tersebut. 

Hindari Menyantap Makanan atau Minuman

Selama meeting online, usahakan juga untuk tidak makan dan minum di depan kamera. Terutama jika sedang ada yang berbicara. Kamu bisa berpaling sedikit dari kamera atau mematikan kamera dan audio sementara waktu ketika makan dan minum.

Apabila terpaksa meeting di jam makan siang, pastikan sudah meminta izin kepada peserta lain untuk mengikuti meeting sambil menyantap makanan. 

Tidak Terlambat Datang Ke Meeting

Meski rapat diadakan secara online, jangan sampai kamu datang terlambat menghadiri meeting tersebut. Sebab, hal itu akan membuatmu terlihat kurang profesional dan tidak menghargai waktu peserta lain.

Solusinya adalah catat jadwal dan mempersiapkan diri sekitar 5-10 menit sebelum rapat agar bisa masuk ke conference room tepat waktu.

Itulah beberapa etika meeting online yang perlu kamu pahami agar terlihat profesional. Seperti yang sudah disinggung di atas, rapat daring membutuhkan jaringan internet yang lancar dan cepat.

Untuk memenuhinya, kamu bisa menggunakan Live.On yang telah didukung jaringan internet stabil XL Axiata 4.5 GB. Jangan lupa aktivasi kartu SIM terlebih dahulu untuk mengakses semua layanan yang tersedia.

Informasi selengkapnya bisa dilihat di liveon.id. Semoga bermanfaat, ya!

Posting Komentar untuk "Penting! Ketahui Etika Meeting Online Agar Terlihat Profesional"

List Blog Keren Rajabacklink