Wajib Coba! Inilah 5 Makanan Sehat Penghilang Stres

makanan sehat penghilang stres

RubrikSEO - Banyak orang mengira bahwa memakan camilan merupakan cara ampuh menghilangkan stres. Makanya, tidak heran jika banyak restoran atau coffee shop ramai pengunjung. Namun, meskipun nikmat di mulut, bukan berarti semua makanan tepat untuk meredakan stres.

Kadar hormon penyebab stres meningkat drastis seiring dengan menambahnya tekanan hidup sehari-hari. Kortisol akan memunculkan sensasi ingin mengonsumsi makanan bergula dan berkalori tinggi.

Semakin banyak junkfood yang kamu konsumsi, maka akan memperburuk suasana hatimu dan kesehatan tubuhmu. Sebab itu, kamu harus cerdas memilih makanan mana yang bisa menghilang stres dan aman untuk kesehatan.

Berikut ini sederet makanan sehat penghilang stres rekomendasi RubrikSEO yang bisa kamu coba. Yuk simak ulasannya di bawah ini!

Alpukat

Buah alpukat mengandung glutathion. Senyawa ini memiliki tugas khusus untuk memblokir penyerapan lemak penyebab kerusakan oksidatif. Nutrisi lain yang terkandung dalam buah ini adalah lutein, beta karoten, vitamin E, dan asam folat.

Kamu bisa menghaluskan alpukat dan mengoleskannya di atas roti panggang hangat. Ingat ya sobat, alpukat mempunyai kandungan lemak yang tinggi sehingga bijaklah dalam mengatur porsi makan buah ini.

Berry

Buah yang satu ini sangat kaya dengan antioksidan. Kandungan antosianin pada blueberi dan stroberi memiliki manfaat untuk mempertajam kognitif otak dan melindungi jantung. Berry terbukti bisa membantu mengurangi peradangan, mencegah kolestrol darah teroksidasi, dan menjaga kesehatan pembuluh darah kita.

Kelompok buah berry seperti raspberi dan blackberi mengandung vitamin C yang bisa membantu tubuh melawan stres. Kamu bisa mengkombinasikan buah ini dengan yogurt, sereal, atau oatmeal untuk sarapan pagi yang nikmat.

Buah berry juga mengandung banyak serat, lho. Bahkan, kelompok buah ini memiliki kalori yang rendah. Jadi, kamu tidak perlu khawatir akan bertambah gemuk ketika mengonsumsi buah-buah ini dalam jumlah yang banyak. Seratnya yang tinggi akan membuatmu kenyang lebih lama.

Jeruk

Kandungan vitamin C pada jeruk dapat membantu tubuh meningkatkan imunitas. Vitamin ini juga sudah terbukti dapat mengurangi efek dari stres, baik dari segi fisik maupun psikologis. Kadar vitamin C paling tinggi berada di kelenjar adrenalin. Dan, stres dapat menguras persediaan vitamin ini dalam tubuh.

Oleh sebab itu, ketika kadar vitamin C pada tubuh masih tinggi, maka seseorang tidak akan menunjukkan gejala stres. Banyak jenis jeruk yang bisa kamu coba. Kamu juga bisa mengonsumsi beragam olahan berbahan dasar jeruk untuk membantumu meredakan stres.

Kacang Mede

Camilan ini merupakan jenis kacang terbaik sebagai penghilang stres. Kandungan zinc yang tinggi dapat mencukupi 11% kebutuhan harian zinc tubuhmu, lho. Apabila tubuhmu memiliki kadar zinc yang rendah, kamu akan cenderung merasakan kecemasan tinggi dan mengalami depresi.

Cukupi kebutuhan asupan zinc tubuhmu dengan mengonsumsi kacang mede. Kamu bisa mencincangnya kasar dan menaburkannya ke makanan lain seperti roti panggang. Namun, batasi konsumsi kacang mede ya, sobat. Kalori dalam kacang ini cukup tinggi.

Dark Chocolate

Beberapa studi menyatakan bahwa cokelat dapat mengurangi hormon stres yakni kortisol. Tapi, kamu juga tidak boleh sembarangan memilih jenis cokelat, ya. Salah satu jenis cokelat yang aman kamu konsumsi sebagai pereda stres adalah dark chocolate.

Cokelat yang satu ini dapat menurunkan tekanan darah sehingga menimbulkan rasa tenang. Dark chocolate mengandung lebih banyak polifenol dan flavonol dibanding dengan beberapa jus buah. Kamu boleh ngemil beberapa potong cokelat ini seminggu sekali. Tenang, berat badanmu tidak akan bertambah secara drastis, kok.

Nah, itu tadi beberapa makanan sehat penghilang stres yang bisa kamu konsumsi. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Wajib Coba! Inilah 5 Makanan Sehat Penghilang Stres"

List Blog Keren Rajabacklink