Mengulas Lebih Jelas Manfaat Lidah Buaya Bagi Kecantikan dan Kesehatan

manfaat lidah buaya bagi kecantikan dan kesehatan

RubrikSEO - Lidah buaya memang populer bermanfaat untuk melembapkan kulit. Namun, nyatanya banyak produk kecantikan maupun kesehatan yang menjadikan lidah buaya sebagai bahan utamanya.

Maka dari itu, tidak heran jika tanaman dengan nama lain aloe vera ini terkenal bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan. Mulai dari penyakit kulit sampai sembelit.

Banyak manfaat lidah buaya bagi kecantikan dan kesehatan yang sayang untuk kita lewatkan. Simak ulasannya berikut ini, ya!

Mengatasi kulit kering

Lidah buaya bisa membantu kita dalam mengatasi masalah kulit kering. Terdapat mineral, antioksidan, enzim, vitamin A, C, dan E yang baik untuk lapisan pelindung kulit. Dengan olesan lidah buaya, kulit akan terasa lebih lembap.

Menghilangkan jerawat

Berdasarkan penelitian, penggunaan gel lidah buaya pada pagi dan sore hari bersama dengan obat anti jerawat bisa mengurangi jerawat sampai 35%.

Asam salisilat dan senyawa antiseptik yang ada dalam lidah buaya bisa membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. 

Membersihkan riasan wajah

Apabila kita mempunyai kulit yang sensitif. Maka, lidah buaya merupakan alternatif yang cocok untuk membersihkan riasan wajah tanpa menimbulkan iritasi.

Gel pada lidah buaya bisa melarutkan make up sekaligus memberikan efek melembapkan pada kulit.

Mempercepat proses penyembuhan luka

Sudah banyak penelitian memberikan hasil bahwa mengoleskan gel maupun krim lidah buaya pada kulit bisa mempercepat penyembuhan luka bakar. Tentunya, lidah buaya bisa membantu penyembuhan pada luka bakar derajat ringan, yakni 1 dan 2.

Tidak hanya itu, ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa lidah buaya lebih efektif daripada penggunaan salep biasa untuk luka bakar ringan. 

Meredakan gatal dan ruam

Ada beberapa penyakit kronis yang muncul karena peradangan akibat rasa gatal di bagian mulut dan kulit. Hal ini pastinya akan menggangu proses makan, minum, dan mengurangi kenyamanan dalam beraktivitas.

Berdasarkan studi yang pernah ada, obat kumur dengan kandungan gel lidah buaya dapat mengurangi rasa gatal dan ruam pada mulut. Pada penelitian ini, proses kumur pasien lakukan sebanyak 3 kali sehari selama 3 bulan.

Selain itu, manfaat yang serupa juga bisa pasien rasakan jika mengoleskan gel lidah buaya sebanyak 2 kali selama 2 bulan pada kulit mereka.

Membantu pemulihan cold sore

Terdapat beberapa penelitian yang mengatakan bahwa krim yang mengadung ekstrak lidah buaya dapat mempercepat cold sore.

Luka cold sore merupakan luka yang ada karena virus herpes simpleks. Kandungan antivirus pada lidah buaya, bisa membantu melawan virus herpes. 

Mengatasi psoriasis

Plak kulit karena adanya psoriasis juga bisa kita kurangi dengan penggunaan krim yang mengandung lidah buaya.

Krim lidah buaya terpercaya lebih efektif daripada triamcinolone yang biasa untuk penderita psoriasis. Namun, dalam hal ini, perlu penelitian lebih lanjut untuk memastikannya. 

Menurunkan kadar gula darah

Sesuai dengan penelitian yang pernah ada, mengonsumsi ekstrak lidah buiaya setiap hari bisa membantu menurunkan kadar gula dalam darah pada penderita diabetes tipe 2.

Namun, kamu harus berhati-hati jika menggunakannya bersama dengan obat diabetes. Jangan sampai glukosa darah justru turun dengan drastis dan membahayakan kesehatanmu di kemudian hari.

Melancarkan buang air

Manfaat lidah buaya yang satu ini memang sudah terkenal sejak lama. Lateks dalam gel lidah buaya terpercaya menjadi obat yang mampu mengatasi susah BAB. Namun, dalam penggunaannya, kits harus berhati-hati karena lidah buaya bisa menimbulkan efek samping, seperti diare.

Demikianlah beberapa manfaat lidah buaya bagi kecantikan dan kesehatan. Gunakan dengan bijak. Jika perlu, konsultasikan dengan dokter terlebih dulu. Cari tahu lebih banyak informasi terkini di RubrikSEO, ya. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Mengulas Lebih Jelas Manfaat Lidah Buaya Bagi Kecantikan dan Kesehatan"

List Blog Keren Rajabacklink