Wajib Tahu! Inilah Tips Agar Lolos KIP Kuliah 2022

tips agar lolos KIP kuliah 2022

RubrikSEO - KIP Kuliah sudah resmi pemerintah buka pendaftarannya sejak 2 Februari 2022 lalu. Pendaftaran ini akan berakhir pada 31 Oktober 2022 nanti.

Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP Kuliah merupakan program bantuan pendidikan bagi siswa dengan kemampuan akademik baik, namun terkendala oleh biaya. 

Bantuan ini untuk siswa yang ingin mendaftar di Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta dan Politeknik Negeri. Bagi kamu yang belum mendaftar, penting untuk membaca tips lolos KIP Kuliah 2022 berikut ini. Simak ulasannya sampai selesai, ya!

Memahami Persyaratan Pendaftaran

Sama dengan program bantuan lainnya, KIP Kuliah juga memiliki beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi. Bagi kamu yang ingin mendaftar, kamu harus merupakan siswa SMA yang lulus di tahun 2022 atau 2 tahun sebelumnya.

Selain itu, kamu memiliki kemampuan akademik yang baik dengan dokumen pendukung yang sah. Kemudian, kamu lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi dengan program studi berakreditasi minimal B.

Selanjutnya, kamu bisa memberikan bukti bahwa kamu memiliki keterbatasan ekonomi, seperti mempunyai Kartu Indonesia Pintar, menjadi peserta PKH, Pemegang KKS, berasal dari panti, atau berasal dari kelaurga yang masuk dalam desil kurang atau sama dengan kategori 4 pada DTKS.

Selain itu, kamu juga bisa memberikan bukti pendapatan kotor dari orangtua maksimal Rp4.000.000 per bulan atau pendapatan kotor yang telah terbagi dengan anggota keluarga maksimal Rp750.000.

Memahami Tahapan Pendaftaran

Ada beberapa tahapan yang harus kamu tempuh sampai lolos. Kamu bisa memulainya dengan melakukan pendaftaran. Proses pendaftaran bisa kamu lakukan secara mandiri di website sistem KIP Kuliah dengan mengunjungi kip-kuliah.kemendikbud.go.id atau melalui aplikasi KIP Kuliah.

Selanjutnya, kamu perlu memasukkan NIK, NISN. NPSN, dan email yang aktif dan valid. Sistem KIP Kuliah akan melakukan proses validasi data tersebut. Apabila sudah tervalidasi, kamu akan mendapatkan nomor pendaftaran dan kode akses ke alamat email yang sudah terdaftar.

Kemudian, kamu menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan menentukan jalur seleksi yang ingin kamu ikuti. Lalu, kamu menyelesaikan proses pendaftaran di sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai jalur seleksi pilihan.

Sistem akan melakukan sinkronisasi dengan skema host-to-host. Apabila kamu sudah lolos masuk perguruan tinggi, Perguruan tinggi akan melakukan verifikasi lebih lanjut sebelum mengusulkan kamu sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

Mengetahui Jadwal Pendaftaran

Tips yang paling akhir adalah kamu harus selalu memantau laman resmi KIP Kuliah. Hal ini akan membantumu mengetahui jika ada perubahan jadwal. Sampai saat ini, jadwal pendaftaran KIP Kuliah, sebagai berikut:

  • Pendaftaran akun siswa mulai 2 Februari hingga 31 Oktober 2022
  • Seleksi SNMPN mulai 7 Februari hingga 17 Maret 2022
  • Seleksi SNMPTN mulai 13 Februari hingga 27 Februari 2022
  • Seleksi UTBK-SBMPTN mulai 22 Maret hingga 14 April 2022
  • Seleksi SBMPN mulai 5 April hingga 29 Juni 2022
  • Seleksi Mandiri PTN mulai 1 Juni hingga 7 Oktober 2022
  • Seleksi Mandiri PTS mulai 8 Juni hingga 31 Oktober 2022

Demikian, beberapa tips yang bisa kamu ikuti agar membantumu lolos dalam pendaftaran KIP Kuliah 2022. Usahakan untuk selalu serius dalam mendaftar. Berikan data dan bukti sesuai dengan kenyataannya.

Selalu dapatkan informasi terbaru dan lengkap di laman resmi KIP Kuliah 2022 dengan mengunjungi kip-kuliah.kemendikbud.go.id. Cari tahu lebih banyak informasi menarik lainnya di RubrikSEO. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Wajib Tahu! Inilah Tips Agar Lolos KIP Kuliah 2022"

List Blog Keren Rajabacklink