Jangan Panik, Ini Cara Mengatasi Mata Merah Pada Anak

cara mengatasi mata merah pada anak

RubrikSEO - Umumnya, mata merah pada anak timbul karena hal sepele, seperti mengucek area mata. Keadaan ini memiliki sebutan konjungtivitas atau pink eye. Gejala yang anak rasakan biasanya mata merah, gatal, dan bengkak.

Namun, dalam kasus yang sudah parah, mata bisa saja mengeluarkan cairan lengket berwarna bening, kuning atau kehijauan yang bertumpuk di bagian ujung mata. Meskipun tidak perih, tapi rasa gatalnya sangat mengganggu. Oleh karena itu, buah hati tidak akan berhenti untuk mengucek-ngucek matanya.

Apabila anak mengalami iritasi mata ringan, sebaiknya Bunda tidak perlu panik dan terburu-buru membawanya ke dokter. Ada beberapa cara mengatasi mata merah pada anak lho, Bunda. Yuk simak ulasan berikut ini!

Mengompres Mata Anak

Ketika anak mengalami mata merah. Tidak perlu panik, Bunda. Lakukan pengompresan dengan menggunakan air atau kantung teh. Bunda cukup membasahi kain bersih dengan air hangat atau dingin. Lalu, peras kain hingga tidak ada air yang menetes dan tempelkan pada bagian mata yang merah.

Diamkan beberapa waktu, kemudian bilas sampai bersih. Bunda juga bisa mengompres mata anak dengan kantung teh, lho. Kafein dan antioksidan yang terkandung dalam teh bisa membantu mengatasi peradangan yang anak alami. Bunda bisa menggunakan teh hijau, teh hitam, atau teh chamomile, ya.

Caranya, seduhlah teh lebih dahulu, lalu tiriskan kantong teh. Nah, kantung bekas seduhan ini bisa Bunda gunakan untuk mengompres mata merah anak. Diamkan beberapa saat, kemudian bilas hingga bersih. Dengan mengompres matanya, Bunda bisa membantu mengurangi rasa tidak nyaman yang anak rasakan.

Selalu Menjaga Kebersihan Mata Anak

Selanjutnya, cara mengatasi mata merah pada anak yang bisa Bunda lakukan, yaitu menjaga kebersihan mata anak. Kotoran yang tidak nampak pada tangan bisa menyebabkan iritasi pada mata lho, Bunda. Makanya, Bunda perlu melakukan beberapa langkah berikut ini:

  • Jangan memberikan riasan pada mata anak
  • Ajari anak untuk selalu mencuci tangan setelah selesai beraktivitas
  • Secara rutin mengganti pakaian, handuk, maupun sarung bantal anak
  • Ajari anak untuk tidak menyetuh bagian matanya ketika tangannya kotor
  • Biasakan mandi dua kali sehari atau ketika anak selesai beraktivitas

Menghindarkan Mata dari Penyebab Mata Merah

Menghindarkan penyebab mata merah dari anak merupakan cara terakhir yang bisa Bunda lakukan. Bunda harus benar-benar lebih ekstra dalam memerhatikan lingkungan bermain anak. Apalagi, jika anak belum mampu memahami benda mana saja yang berbahaya baginya.

Jadi, lebih baik Bunda menghindarkan anak dari tempat, benda, atau lingkungan yang bisa menyebabkan iritasi pada matanya. Ketika anak bermain, Bunda juga harus memerhatikannya. Hal ini karena, kemungkinan terdapat benda yang panjang atau runcing yang bisa melukai mata anak.

Cara paling akhir ini terbilang cukup efektif. Bukan hanya untuk mengatasi mata merah saja, tetapi juga bisa mencegah terjadinya iritasi lho, Bunda.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi mata merah pada anak. Cara ini bisa Bunda lakukan secara mandiri ketika anak masih dalam iritasi mata ringan. Apabila mata merah terjadi karena infeksi atau penyakit mata, lebih baik Bunda segera membawa buah hatinya ke dokter.

Dokter akan memberikan pengobatan dan penanganan yang tepat untuk masalah anak. Anak sangat membutuhkan pemeriksaan agar perkembangan penyakit matanya tidak semakin parah. Apalagi sampai berujung membahayakan bagian mata anak.

Cari tahu lebih banyak informasi-informasi menarik lainnya di RubrikSEO. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Jangan Panik, Ini Cara Mengatasi Mata Merah Pada Anak"

List Blog Keren Rajabacklink