Ngeblog Pakai Blogspot atau Wordpress, Pilih Mana?

RubrikSEO - Anda yang sedang ingin membuat blog, pasti sering dibingungkan dengan banyaknya pilihan platform blog. Dari sekian banyak platform, ada dua platform besar dan populer, yakni blogspot dan wordpress.

Dilansir dari laman https://www.ipung.net/ Blogspot atau blog adalah aplikasi web gratis yang dikembangkan oleh Google. Platform ini terkenal karena user-friendly. Dalam hitungan menit, Anda sudah bisa membuat sebuah blog dan memublikasikan postingan. Situs web ini juga dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik yang diperlukan serta tujuan dari pengguna blog.

Sementara Wordpress adalah sistem manajemen konten (CMS) yang paling banyak digunakan oleh banyak orang. Dalam perkembangannya, Wordpress terbagi menjadi dua, yakni Wordpress.com dan Wordpress.org. Platform ini dapat diintal secara gratis, namun Anda harus memiliki web hosting dan domain terlebih dulu sebelum membuat blog atau website. 

Lantas, apa perbedaan blogspot dan wordpress? 

Segi Pembuatan dan Penggunaan

Cara membuat blogspot terhitung jauh lebih mudah dan hanya memerlukan waktu beberapa menit. Anda pun langsung bisa mulai menulis atau memublikasikan konten, mengatur tema, dan sebagainya. Hal tersebut membuat blogger bisa dioperasikan dengan mudah oleh para pemula.

Membuat wordpress juga mudah dalam segi pembuatan maupun penggunaan, namun Anda membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mempelajari dan memahami fitur-fitur yang tersedia agar mampu mengoptimalisasi Wordpress Anda. 

Segi Manajemen Situs

Selanjutnya, perbedaan blogspot dan wordpress juga bisa dilihat dari segi manajemen situs. Blogspot memiliki fitur yang terbatas, maintenance yang cukup rumit, namun mudah untuk dimonetisasi.

Sedangkan Wordpress, fiturnya lebih lengkap bahkan ada opsi tool untuk mengimpor konten dari platform blogging lainnya. Tersedia juga banyak tool untuk maintenance. Sayangnya, monetisasi di platform ini sedikit sulit. 

Segi Keamanan

Dalam hal ini, Blogger yang lebih unggul dari Wordpress. Sebab, platform ini didukung sepenuhnya oleh Google, sehingga keamanannya jelas tidak perlu diragukan lagi. Namun, pengaturan keamanan default tidak bisa diubah-ubah karena menggunakan platform yang tertutup.

Wordpress sering menjadi sasaran empuk dari para hacker, karena platformnya yang open-source. Tetapi, sekarang CMS telah memberikan kesempatan bagi para Anda sebagai user untuk melindungi website dengan beragam pilihan dan cara.

Demikianlah perbedaan blogspot dan wordpress yang bisa Anda jadikan pertimbangan dalam memulai blogging. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Ngeblog Pakai Blogspot atau Wordpress, Pilih Mana?"