5 Bisnis Sampingan Mahasiswa dengan Penghasilan Besar

bisnis sampingan mahasiswa

Kamu seorang mahasiswa? Ingin membantu orang tua untuk membayar uang kost, tetapi bingung bagaimana caranya? Kamu mungkin bisa memulainya dengan berbisnis. Apalagi mahasiswa memiliki fleksibilitas waktu jam kuliah, jadi waktu kosong itu bisa kamu manfaatkan untuk membuka bisnis kecil-kecilan. 

Peluang bisnis anak kuliahan tidaklah sulit. Bahkan, banyak diantaranya yang bermodal kecil, namun menghasilkan keuntungan yang berkali-kali lipat. Bagi kamu yang tertarik untuk mengisi waktu disela-sela kegiatan kuliah, beberapa rekomendasi bisnis di bawah mungkin bisa membantu. Mari kita simak!

Bisnis untuk Mahasiswa yang Berpenghasilan Lumayan 

Sebelum terjun ke dunia bisnis, kamu sebaiknya terlebih dulu melakukan riset pasar. Karena, tidak semua bisnis anak kuliahan memiliki peluang yang sama di satu tempat dan tempat lainnya. Pertimbangkan jumlah modal yang diperlukan dan risiko akan dihadapi nantinya. 

Berikut ini adalah beberapa ide bisnis bagi anak kuliahan yang bisa kamu pilih salah satunya. 

Online Shop 

Banyak mahasiswa yang melakukan bisnis satu ini. Kamu hanya membutuhkan gadget, koneksi internet, dan barang yang akan dijual. Apalagi sudah ada wadah seperti media sosial dan marketplace, yang semakin membuatmu memasarkan produk dengan cepat dan praktis. 

Menurut Money Radar Blitar, Apabila kamu belum memiliki cukup modal, kamu bisa terlebih dulu mencoba menjadi dropshipper atau reseller. Selain minim modal dan risiko, kamu juga tetap memiliki waktu luang untuk melakukan kegiatan lainnya. 

Bisnis ini bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Yang terpenting, tetap melakukan product review kepada setiap pembeli agar kamu bisa mengontrol kualitas produk yang dijual. 

Fotografi/Videografer 

Memiliki hobi fotografi? Atau sangat tertarik dengan konten visual seperti foto dan video? Tahu tidak, bahwa hal tersebut bisa kamu manfaatkan untuk prospek bisnis yang bisa membawa keuntungan, lho! Yap, bisnis ini bisa jadi bisnis sampingan mahasiswa yang cukup menjanjikan. 

Kamu bisa memulai dari mengikuti kursus fotografi atau bergabung dalam komunitas pecinta fotografi atau videografi yang bisa mengeksplor kemampuanmu. Dari situ, kamu bisa bekerja sama dengan event organizer atau wedding organizer yang bisa menyelenggarakan acara di akhir pekan. 

Desain Grafis 

Bisnis ini tak kalah menarik untuk dijadikan peluang bisnis bagi mahasiswa. Hasil desain tak hanya dibutuhkan oleh media cetak, kini telah banyak media online yang juga membutuhkan jasa desain grafis. Jadi, jika kamu menekuni bisnis ini, bisa jadi kamu meraih banyak keuntungan. 

Jangan berkecil hati jika kamu tidak ada latar belakang pendidikan desain, karena saat ini sudah marak aplikasi-aplikasi pendukung seperti Adobe Photoshop, Inkscape, Canva, Corel Draw, dan lain sebagainya yang bisa kamu pelajari secara otodidak. Namun sebelum memulai, pastikan kamu sudah mengatur business plan dengan matang ya. 

Influencer 

Sejak maraknya sosial media, banyak bermunculan selebgram atau influencer yang menjadi panutan setiap orang. Seseorang bisa disebut sebagai influencer apabila telah memiliki popularitas dan banyak followers di sosial media. Alhasil, mereka sering mendapatkan job endorsement dari brand-brand terkenal bahkan sampai menjadi brand ambassador yang mendapatkan penghasilan tinggi. 

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk menjadi seorang influencer ialah membangun self branding, atau citra diri untuk membuktikan kamu memiliki karakter yang kuat. Selanjutnya, tentukan platform sosial media yang kamu kuasai. Langkah kedua, merancang strategi konten yang dapat menjangkau target followers. 

Langkah ketiga, ciptakan konten dengan foto dan video dengan kualitas yang mumpuni. Membangun networking dengan sesama influencer lain juga berpengaruh untuk meningkatkan followers kamu yang mungkin belum terlalu banyak. 

Langkah terakhir yang perlu kamu lakukan adalah konsisten. Menjadi influencer sukses membutuhkan perjalanan yang Panjang. Selagi kamu melakukan setiap langkahnya secara terus menerus, bukan suatu hal yang tidak mungkin untuk menjadi influencer populer dan sukses. 

Blogger 

Bagi kamu yang suka menulis, mungkin bisnis ini bisa kamu jadikan pertimbangan. Sebagian orang masih menganggap profesi blogger hanya sebatas menulis topik-topik tertentu. Padahal, profesi ini cukup memiliki penghasilan yang menggiurkan. 

Sumber penghasilan blogger didapatkan dari iklan, afiliasi atau affiliate marketing, endorsement, dan yang terakhir adalah penawaran jasa. Jadi, kamu bisa mencoba profesi ini untuk menambah uang saku selama di perantauan. 

Nah, itulah beberapa bisnis sampingan untuk mahasiswa yang penghasilannya menggiurkan. Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "5 Bisnis Sampingan Mahasiswa dengan Penghasilan Besar "