Pengertian KTT G20 dan Sejarah Singkat yang Harus Anda Tahu

KTT G20 adalah salah satu forum internasional yang diikuti oleh beberapa negara di dunia. Dengan adanya KTT G20, diharapkan dapat memastikan dunia keluar dari krisis dan menciptakan pertumbuhan ekonomi global yang kuat dan berkesinambungan.

Perlu Anda tahu, G20 merepresentasikan 80% ekonomi dunia, 75% perdagangan internasional, dan 2/3 populasi dunia. Hal tersebut menunjukkan bahwa forum ini penting dalam menentukan arah kebijakan ekonomi dunia.

Agar Anda lebih paham dan mengetahui KTT G20, Anda dapat menyimak pengertian dan sejarah KTT G-20 berikut: 

Pengertian KTT G20

KTT G20 adalah kependekan dari Konferensi Tingkat Tinggi Group of Twenty. G20 sendiri merupakan sebuah forum utama kerja sama ekonomi internasional yang beranggotakan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia terdiri dari 19 negara dan 1 lembaga Uni Eropa. Pengertian G20 tersebut dikutip dari situs Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia.

Hingga saat ini, peran nyata dari forum ini sudah dapat dirasakan oleh dunia. Seperti contohnya penanganan krisis keuangan global 2008, kebijakan pajak serta isu lainnya termasuk perdagangan, iklim dan pembangunan.

Saat pandemi Covid-19 berlangsung, G20 juga berkontribusi dalam penangguhan pembayaran utang luar negeri negara berpenghasilan rendah dan injeksi penanganan Covid-19. Selain itu juga melakukan penurunan/penghapusan bea dan pajak impor vaksin, hand sanitizer, disinfektan, alat medis dan obat-obatan.

Sejarah Singkat yang Harus Anda Tahu

KTT G20 dibentuk pada tahun 1999 atas inisiasi anggota G7. Pembentukan tersebut timbul akibat kekecewaan komunitas internasional terhadap kegagalan G7 dalam mencari solusi terhadap permasalahan perekonomian global yang dihadapi saat itu.

Saat itu, pandangan mengemukanya menegaskan pentingnya bagi negara-negara berpendapatan menengah serta yang memiliki pengaruh ekonomi secara sistemik untuk diikutsertakan dalam perundingan. Hal tersebut bertujuan untuk mencari solusi permasalahan ekonomi global.

Selanjutnya, G20 merangkul negara maju dan berkembang untuk bersama-sama mengatasi krisis, utamanya yang melanda Asia, Rusia, dan Amerika Latin.

G20 ini pada awalnya merupakan pertemuan antara Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral. Seiring berkembangnya waktu, pada tahun 2008 G20 menghadirkan Kepala Negara dalam KTT dan pada 2010 dibentuk pula pembahasan di sektor pembangunan.

Indonesia masuk menjadi salah satu anggota negara G20. Sebagai anggota forum G20, Indonesia akan mendapatkan manfaat dari informasi dan pengetahuan lebih awal tentang perkembangan dunia. Baik dalam bidang ekonomi global, potensi risiko yang dihadapi, serta kebijakan ekonomi.

KTT G20 adalah satu forum yang memberikan manfaat bagi bidang pariwisata Indonesia. Pariwisata Indonesia dapat menjadi salah satu fokus perhatian dunia. Oleh karena itu, dalam merayakan Hari Pariwisata Sedunia, Anda dapat mengikuti berbagai event World Tourism Day. Serta, menjadi wisatawan yang baik untuk memperkenalkan wisata Indonesia ke kancah dunia.

Posting Komentar untuk "Pengertian KTT G20 dan Sejarah Singkat yang Harus Anda Tahu"

List Blog Keren Rajabacklink