Pengertian dan Fungsi Valve yang Perlu Diketahui

Dalam industri, terutama yang berhubungan dengan pengolahan liquid atau cairan, sistem perpipaan menjadi hal yang penting. Untuk itulah, valve atau katup ini dibutuhkan untuk membantu proses pengolahan. Beberapa ahli menyebutkan definisi dari valve, salah satunya adalah Sudeep Jha yang mengatakan bahwa valve merupakan komponen yang akan meregulasi dan mengontrol fluida.

Pengertian sederhananya, ialah komponen yang digunakan dalam rangkaian sistem pengaliran fluida. Fungsi lainnya adalah untuk mengatur kecepatan, volume, arah sampai dengan tekanan pada sistem pembuka dan penutupnya. 

Fungsi Dari Katup atau Valve 

Meregulasi Tekanan Fluida

Pada sistem perpipaan, terlalu tinggi tekanan fluidanya, maka bisa menimbulkan banyak masalah. Selain merusak alat, pemakaian fluida juga menjadi lebih boros. Misalnya, keran fluida yang dinyalakan dengan tekanan tinggi.

Maka, keluaran fluidanya juga akan menjadi lebih banyak lagi, bahkan bisa membasahi area yang ada di sekitarnya. Sehingga, butuh katup yang akan membuat tekanan menjadi lebih rendah. 

Membuka atau Menutup Aliran Fluida

Tidak hanya untuk menurunkan tekanan, katup juga bisa digunakan untuk membuka dan menutup aliran fluida secara total. Jika memang Anda tidak menggunakannya, tinggal menutupnya saja. Fluida jadi tidak akan terbuang percuma dan lebih praktis.

Anda bisa menemukan katup ini pada fire hydrant, biasanya jenis gate valve, butterfly valve ataupun shutoff valve. 

Mengatur Jumlah dan Kecepatan Aliran Fluida

Berikutnya, valve juga berfungsi untuk mengatur jumlah serta kecepatan aliran fluida. Fungsi ini nantinya akan berkaitan dengan pengaturan tekanan. Anda bisa menemukannya pada valve di alat-alat yang menerapkan hidrolik atau flow control valve. 

Mencegah Terjadinya Pembalikan Arah

Pada sistem tertentu, aliran fluida tidak boleh mengalami pembalikan arah. Jika dibiarkan, nantinya akan menimbulkan kerusakan yang serius.

Fungsi semacam ini bisa Anda temukan pada katup check valve ataupun no return valve. Dengan demikian, valve juga berfungsi sebagai pengaturan keamanan, terutama untuk mencegah adanya tekanan yang terlalu tinggi.

Nah, setelah mengetahui beberapa fungsi dari valve, Anda bisa mulai membeli valve atau katup di jual valve PT. Lamindo Prima Mandiri. Perusahaan ini merupakan agen stockiest valves industri seperti Butterfly Valve, Ball Valve, Gate Valve, Globe Valve, dan masih banyak lagi.

Selain itu, telah berpengalaman dalam perbaikan semua jenis valve manual ataupun katup otomatis. Untuk informasi lebih lanjut, silakan langsung menghubungi di nomor +62 254 781 5008 atau website lamindo.co.id. Semoga bermanfaat, ya!

Posting Komentar untuk "Pengertian dan Fungsi Valve yang Perlu Diketahui"