5 Unsur dan Syarat Tes Psikologis yang Baik

Tes psikotes adalah salah satu tes yang selalu muncul pada proses recruitment pekerjaan. Saat ini banyak perusahaan yang sudah beralih menggunakan psikotes online untuk mengurangi tatap muka saat pandemi. Tapi, tahukah kamu apa saja syarat agar psikotes dikatakan baik? Yuk, simak dengan baik-baik! 

Tes harus valid

Validitas tes merupakan suatu ukuran untuk melihat sejauh mana tes tersebut mampu mengukur kemampuan yang ingin diukur. Kevalidan soal menjadi hal terpenting yang perlu diterapkan. Semakin tinggi validitas suatu tes, maka tes terseut semakin mampu mendapatkan sasaran yang tepat. 

Tes harus reliable

Reliabilitas artinya sejauh mana soal pada tes ini ajeg atau konstan dalam mengukur kemampuan peserta. Reliabilitas soal menunjukkan bahwa soal akan memberikan makna dan nilai yang sama meskipun dikerjakan oleh orang yang berbeda.

Metode untuk mengukur reliabilitas ini ada bebrapa seperti split half atau internal consistency, retes approach, dan alternate form atau equivqlence form. 

Tes harus distandarisasikan

Standar ini bertujuan untuk menjamin bahwa setiap orang yang melakukan tes mendapatkan perlakuan yang benar-benar sama. Hal-hal yang perlu distandardisasikan seperti materi tes, penyelenggaraan tes, scoring tes, dan interpretasi hasil tes. 

Tes harus obyektif

Yang dimaksud disini adalah tes harus memberikan penilaian yang sama terhadap hasil yang dikerjakan peserta. Tes yang objektif akan memberikan hasil yang sama meskipun dilakukan oleh penyelenggara yang berbeda. 

Tes harus mudah digunakan

Tes yang baik adalah tes yang mudah dalam penggunaannya. Para peserta tidak kesulitan dalam mengerjakan tes yang disediakan penyelenggara. Seperti misalnya tes psikotes online, para peserta harus merasa mudah dalam memilih jawaban. Penyelenggara harus menjamin bahwa system yang digunakan mudah dioperasikan.

Jika kamu membutuhkan jasa pembuatan tes psikologi yang memenuhi syarat tes yang baik, kamu bisa menghubungi Nirmala Satya Development. Agensi ini menyediakan aplikasi psikotes online yang memiliki banyak fitur menarik. Mulai dari hidden camera, tools valid dan reliabel, kapasitas peserta tes yang tidak dibatasi jumlanya, dan realtime report .

Selain itu kamu bisa custom alat tes dan psikogram sesuai dengan format perusahaanmu. Untuk akses lebih mudah, kamu bisa langsung mengunjungi nsd.co.id. Semoga bermanfaat ya!

Posting Komentar untuk "5 Unsur dan Syarat Tes Psikologis yang Baik"

List Blog Keren Rajabacklink