Tingkatkan Peforma Browsing, Inilah Cara Hapus Cache Browser

cara hapus cache browser

Cara hapus cache browser menjadi salah satu aktivitas yang sangat penting demi menjaga peforma kita dalam berselancar di internet. Tentu kita semua tahu, cache merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari browser, dengan segala cara kerjanya yang membantu kita.

Namun di balik itu, cache browser kadangkala menjadikan browser menjadi lamban, bahkan eror ketika kita tidak rutin menghapusnya. Hal ini terjadi karena banyaknya data yang menumpuk di dalam cache sehingga mempengaruhi kinerja memori. 

Pada artikel kali ini, kami akan berikan ulasan mengenai cara hapus cache browser dan segala hal yang menyertainya. Pantengin terus artikel ini hingga titik terakhir ya! 

Cache, apa itu?

Sederhananya, cache merupakan sebuah sistem dalam browser yang didesain untuk menyimpan beberapa data atau informasi dari laman web yang kita kunjungi. Ketika kita menjelajah internet, mengunjungi laman web misalnya, maka data-data seperti logo web, backlink dan beberapa item lainnya akan diunduh kemudian tersimpan sebagai aset statis di dalam cache browser. Nantinya, ketika kita mengunjungi laman web yang sama, maka browser tak perlu mengunduh lagi item tersebut; cache hanya perlu menampilkan kembali.

Selain cache, ada satu sistem lagi yang hampir mirip, yaitu history. Bedanya, history tidak menyimpan data atau informasi, melainkan jejak yang berupa alamat web atau URL. Namun, baik cara hapus cache browser atau history, keduanya diperlukan untuk mempertahankan peforma dan kelancaran browsing kita. 

Ketahui Manfaat Menghapus Cache Browser

Sahabat sekalian, ada beberapa manfaat yang akan kita dapatkan ketika kita rutin menghapus cache browser sekalian historynya. Jika sebelumnya browser kita terasa lamban, mungkin salah satunya kita tak pernah menghapus cachenya. Untuk itu, rutinlah hapus cache, dan dapatkan manfaat berikut ini. 

Menjaga stabilitas dan peforma browser

Meski pada dasarnya cache bertujuan untuk memudahkan akses berinternet, faktanya cache yang terlalu besar akan menjadikan browser menjadi terkendala. Cara hapus cache browser akhirnya jadi pilihan paling logis untuk melakukan penyegaran terhadap browser agar kembali stabil dan meningkatkan peformanya. Apalagi jika hard drive yang kita miliki tak cukup besar untuk menyimpan data-data dari internet, maka cache perlu dibersihkan secara rutin. 

Menjaga Privasi

Perlu diketahui, menurut beberapa sumber disebutkan cache bisa menyimpan data-data seperti nomor ponsel, kredensial masuk, dan lain sebagainya. Baiklah, tidak menjadi masalah ketika data-data itu tersimpan di komputer pribadi, tetapi lain halnya jika data itu tersimpan di dalam cache komputer umum seperti warnet. Sebut saja seperti informasi login Facebook, yang akan sangat rawan ketika dibiarkan tersimpan di cache. 

Meminimalisir Eror ketika Browsing

Selain menjadikan kinerja browser menjadi lambat, cache seringkali menyebabkan beberapa aktivitas browsing menjadi eror. Sebut saja seperti laman gagal dimuat, ataupun beberapa konfigurasi tidak berubah padahal sudah dilakukan update. Maka untuk mengantisipasi, kita perlu menghapus cache browser secara rutin. 

Sangat Mudah, Inilah Cara Hapus Cache Browser

Kali ini kami akan berikan tutorial untuk menghapus cache di dua browser yang paling banyak digunakan, yaitu Mozilla Firefox dan Google Chrome. Langsung saja, berikut tutorial lengkapnya! 

Mozilla Firefox 

  • Buka aplikasi browser Mozilla Firefox 
  • Pilih menu ‘History’, kemudian pilih ‘Clear Recent Hostory’ 
  • Setelah menu ‘checklist’ terbuka, silahkan centang ‘Cache’ 
  • Selain cache, kita juga bisa menghapus data history, data login akun, cookies, dan opsi lainnya. 
  • Jika sudah melakukan centang, silahkan pilih rentang waktunya, kemudian klik ‘OK’. 

Google Chrome 

  • Buka aplikasi browser Google Chrome 
  • Klik logo titik tiga di bagian kanan atas, kemudian pilih ‘Setelan’ atau ‘Setting’ 
  • Pilih menu ‘Privasi dan Keamanan’, kemudian pilih ‘Hapus data penjelajahan’ 
  • Berikutnya silahkan centang menu checklist yang tersedia, pilih rentang waktu, kemudian klik ‘Hapus Data’ 

Sahabat sekalian, demikianlah ulasan kami mengenai apa itu cache browser, manfaatnya, hingga cara hapus cache browser untuk meningkatkan peforma browsing. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Tingkatkan Peforma Browsing, Inilah Cara Hapus Cache Browser"