Cara Menulis Artikel SEO Agar Bisa Halaman Pertama Google

Cara menulis artikel SEO

Cara menulis artikel SEO agaknya masih menyimpan misteri, apa sih yang menjadikan sebuah artikel menduduki SERP #1 di pencarian Google. Sebagai seorang Blogger yang sudah lama menggeluti Search Engine Optimization (SEO), saya baca-baca tips dan trik menulis artikel SEO di internet, kebanyakan masih berkutat pada teori dan praduga. Akhirnya pembaca kerapkali dibingungkan ketika ingin mulai praktik menulis artikel SEO.

Padahal, cara menulis artikel SEO agar bisa halaman pertama Google sangatlah simpel dan praktis. Dalam pembahasan kali ini, RubrikSEO akan memaparkan secara ringkas tapi mendalam, terkait bagaimana sih cara menulis artikel SEO yang bisa sobat blogger coba di rumah.

Cara Menulis Artikel SEO | Strategi Menduduki Page One SERP Google

Sobat blogger, sebelumnya anda perlu memahami satu kaidah, bahwa untuk menduduki rangking pertama mesin pencari, terutama Google itu banyak sekali faktornya. Sebut saja seperti usia, ranking, backlink, hingga template situs web yang dipakai. Dan, artikel SEO menjadi salah satu faktor itu. Dari sekian banyak faktor, menurut saya pribadi, Backlink dan artikel SEO menjadi dua faktor paling penting, ketika dua hal ini optimal, maka Page One bukan hal sulit. Terkait cara menulis artikel SEO itu sendiri, berikut petunjuk teknisnya.

Judul postingan harus mengandung Keyword
Keyword merupakan elemen penting dalam penulisan artikel SEO, hal mana Keyword atau KW bisa diartikel sebagai kata kunci utama artikel, yang mencerminkan keseluruhan artikel yang anda buat. Misalnya, saya ingin membuat artikel dengan kata kunci ‘Tutorial lengkap Membuat Website’, maka keyword itu pun harus digunakan sebagai judul (Diutamakan awal judul). Salah satu contoh judulnya, ‘Tutorial Lengkap Membuat Website yang Keren Bagi Pemula’.

Formasi penulisan Keyword dalam artikel
Sobat blogger, sebagai cara menulis artikel SEO, perhatikan letak atau formasi kata kunci yang ingin anda angkat. Agar unsur SEO terpenuhi, usakan anda menuliskan keyword di awal paragraf pertama, sebagaimana artikel yang sedang anda baca sekarang ini. Selain itu, anda perlu melakukan pengulangan kata kunci agar menyebar rata di artikel, letak yang biasa saya gunakan ialah jarak 100 kata. Jadi, setiap kurang lebih 100 kata, maka saya akan kembali menuliskan kata kunci yang ingin saya angkat.

Referensi penting : Cara Menaikkan DA Blog 55+ Agar Cepat Dapat Job Backlink

Pola ini sangat efektif sebagai cara menulis artikel SEO. Mengapa? Karena mesin pencari akan mengidentifikasi keseluruhan isi artikel anda, memilah, kemudian menentukan sebuah kata atau kalimat yang akan dijadikan sebagai kata kunci. Sehingga, ketika seseorang menuliskan kata kunci itu di mesin pencari, diharapkan artikel anda akan muncul di rangking pertama pencarian itu. (*Lihat pola kata kunci yang saya tebalkan).

Ada Sub-Heading yang mengandung Keyword
Baiklah kita uji coba, dari artikel yang anda baca sekarang ini, apakah artikel ini sudah mengandung sub-heading keyword? Jawaban anda benar, sub-heading keyword pada artikel kali ini terdapat pada tulisan yang paling besar sendiri.

Upaya ini, tidak lain sebagai salah satu cara penyebaran yang merata, bahkan lebih khusus lagi untuk menerangkan sebuah sub-judul. Asyiknya, cara menulis artikel SEO pada poin ini akan berdampak pada fitur SERP istimewa begitu postingan anda berada di posisi 1 halaman 1 Google Search Engine.

Sisipkan internal link dan eksternal link
Sebagai optimasi lanjutan, anda perlu menyisipkan link internal (blog yang anda gunakan posting artikel) dan link yang mengarah pada blog lain. Dalam menyisipkan link, saya memberikan saran link dofollow untuk blog sendiri, sedangkan link nofollow untuk blog orang lain. Kecuali jika anda sedang kerjasama konten placement atau backlink, mestinya anda memasang link dofollow. Akan tetapi yang perlu diingat, cara menulis artikel SEO poin ini, jangan jadikan keyword sebagai internal link. 

Maksimalkan Fitur Meta Tag
Sebagai finishing, pastikan anda sudah memaksimalkan fitur Meta Tag sebagai strategi SEO yang berperan sebagai pengidentifikasi konten yang dicari di pencarian Google. Dengan memaksimalkan poin ini, artikel anda lebih akan berpeluang besar berada di halaman pertama mesin pencari.

Cara menulis artikel SEO satu ini, setidaknya ada tiga jenis Meta, yakni: Meta Title (Judul), Meta Slug (URL), dan Meta Description (Deskripsi postingan). Pastikan, anda menyisipkan kata kunci pada ketiga Meta tersebut ya! Untuk melihat pola penerapannya, silahkan amati gambar di bawah ini. Jika sudah paham, silahkan eksekusi sebelum anda mempublish sebuah artikel.

Referensi penting : 5 Peluang Bisnis Tanpa Modal + Strategi + Analisa Bisnis

Oh ya, selain Meta Tag, satu poin lagi yang perlu anda optimasi ialah memberikan Alternatif Teks pada gambar postingan. Coba amati gambar di bawah ini.

Nah sobat blogger, demikianlah 5 cara menulis artikel SEO dan melakukan optimasi sebelum anda mempublish artikel. Jika anda sudah memaksimalkan cara ini, tetapi hasilnya artikel anda belum berada di Page One, mungkin anda bisa mengupayakan bermain di backlink. Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Cara Menulis Artikel SEO Agar Bisa Halaman Pertama Google"