Komputer Anda Lemot? Begini Cara Mudah Mengatasinya

cara mengatasi komputer lemot

Komputer dan laptop saat ini telah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian besar kalangan. Mulai dari anak sekolah hingga para pekerja membutuhkan komputer untuk mengerjakan berbagai macam tugas. Untuk mendapatkan kualitas terbaik, Anda bisa membeli perangkat elektronik satu ini di grosir komputer termurah dan terpercaya.

Salah satu masalah yang paling sering dialami pengguna komputer maupun laptop ialah penurunan kapasitas performa perangkat. Banyak faktor yang menyebabkan komputer jadi lemot, seperti terlalu banyak menampung data hingga faktor usia komputer.

Berikut ini adalah beberapa cara mudah mengatasi komputer Anda yang lemot. Simak baik-baik, ya!

Bersihkan Komputer dari Virus atau Malware

Salah satu penyebab komputer lemot adalah adanya virus atau malware yang menyerang PC Anda. Virus atau malware yang tidak disadari ini bisa memberatkan perangkat komputer. Cara mengatasi komputer lemot akibat virus maupun malware ini dengan menginstal program anti virus pada perangkat.

Program anti virus saat ini tersedia sangat beragam, baik yang gratis maupun berbayar. Sebaiknya, Anda gunakan program yang berbayar agar bisa memanfaatkan semua fitur untuk membersihkan komputer dari virus atau malware.

Jangan Buka Terlalu Banyak Startup Program

Banyaknya aplikasi yang berjalan saat start-up membuat RAM terlalu bekerja keras dalam mengalokasikan seluruh ruang yang ada, sehingga RAM sangat terbebani dan berakibat pada komputer Anda yang menjadi lemot.

Cara mengatasinya dengan men-disable atau mematikan beberapa start-up program yang berjalan secara default pada komputer.

Aktifkan Maintenance System Komputer

Pada Windows 10, secara built in sudah tersedia maintenance system yang akan membantu Anda mengatur dan merawat berbagai data seperti defragment, scan virus dan update system. Semuanya berjalan pada background sistem.

Tetapi, Anda juga bisa mengaturnya secara manual sebagai cara mengatasi komputer atau laptop yang lemot. Caranya klik Control Panel > pilih System & Security > pilih Security & Maintenance > Klik opsi ‘Maintenance’ > kemudian, klik Maintenance.

Restart Komputer

Mungkin, cara satu ini terlihat biasa dan sepele. Namun, banyak kasus yang memberikan efek cukup signifikan pada performa komputer yang lemot. Terlebih lagi jika komputer digunakan berhari-hari tanpa istirahat.

Melakukan restart pada fungsi keseluruhan komputer, membuat komputer menjadi lebih siap untuk digunakan kembali serta membantu menurunkan temperatur prosesor. Sebelum me-restart, pastikan semua data penting milik Anda telah tersimpan dengan aman.

Itulah beberapa cara mudah mengatasi komputer Anda yang lemot. Bagi yang membutuhkan komputer baru atau printilan lainnya, bisa membelinya di Swalayan Komputer. Distributor komputer termurah ini menawarkan berbagai merek komputer berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Langsung saja kunjungi laman swalayankomputer.com untuk mengetahui informasi selengkapnya. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Komputer Anda Lemot? Begini Cara Mudah Mengatasinya"

List Blog Keren Rajabacklink