Jangan Remehkan! Ini Cara Merawat Komputer Agar Awet

Bagaimana cara merawat komputer agar tak mudah rusak dan tetap fungsional? Pasti setiap orang tidak menginginkan pekerjaannya terganggu karena komputer mengalami masalah. Apalagi jika masalah tersebut muncul karena tidak pernah melakukan perawatan terhadap komputer.

Nah, berikut ini sederet cara perawatan komputer yang bisa kita coba. Cara ini dapat menghindarkan komputer dari berbagai masalah kerusakan. Yuk, simak pembahasannya hingga akhir!

Menjaga Tetap Dingin

Sebagian besar dari kita pasti sudah paham jika harus menjaga komputer dalam keadaan dingin agar komponennya tidak cepat rusak. Cara yang bisa kita lakukan adalah memastikan banyak aliran udara di semua sisi komputer.

Bagian belakang pada dekstop dan samping bawah laptop harus ada aliran udara. Tidak hanya itu, membersihkan meja atau area kerja jika CPU komputer tersimpan di bawah meja atau lemari khusus. Hal ini karena udara panas dalam posisi seperti itu dapat meningkat sehingga ruangan komputer akan semakin panas.

Mungkin kita sering mendengar jika mengatasi komputer yang kepanasa harus dengan melapaslan pelindung komputer. Padahal cara ini sangat salah karena pelindung berguna untuk menghindarkan komputer dari debu dan kotoran yang sering mengakibatkan overheating.

Memasang UPS

Cara lain yang bisa kita lakukan untuk merawat komputer adalah dengan memasang Uninterruptible Power Source (UPS). Sebuah UPS berguna untuk menajaga agar tegangan tetap stabil dan konstan, bahkan jika terjadi pemadaman listrik.

Jadi, komputer akan selalu berjalan dari bateri UPS tersebut karena UPS selalu melakukan pengisian. Oleh karena itu, komputer tidak akan memiliki waktu peralihan saat sumber listrik utama mati.

Memeriksa Perangkat Lunak Secara Berkala

Ada 3 utilitas yang perlu kita kenali yakni defragmentation, pemeriksaan disk, dan program antivirus. Defragmentation adalah kemampuan utilitas untuk mendeteksi sampah dan menghapusnya untuk mengurangi beban pada hard disk. Sedangkan, pemeriksaan disk berguna untuk memastikan tidak ada error pada hard disk.

Itulah beberapa cara merawat komputer agar tetap awet sehingga pekerjaan tidak akan terganggu. Jika tidak ingin pusing dengan banyaknya perawatan komputer, kita bisa menghubungi PT Bersatu Selaras Bersama (BSB) yang memberikan pelayanan perawatan perangkat, baik software maupun hardware.

Tenaga ahli yang berpengalaman dari BSB akan membantu kita merawat PC dengan baik sehingga pekerjaan dapat berjalan secara optimal tanpa masalah.

Selain itu, BSB menjadi solusi terbaik dalam pengadaan beragam perangakt keras seperti PC, printer, monitor, dan LCD. Bahkan, BSB juga menyediakan perangkat lunak mulai dari antivirus, MS Office, dan perangkat lunak lainnya.

Penasaran dengan berbagai layanan terbaik dari perusahaan it di jakarta yang satu ini? Yuk, segera kunjungi www.ptbsb.id. Semoga bermanfat!

Posting Komentar untuk "Jangan Remehkan! Ini Cara Merawat Komputer Agar Awet "

List Blog Keren Rajabacklink