Berikut 6 Manfaat Jambu Kristal yang Wajib Diketahui

RubrikSEO - Jambu kristal adalah salah satu jenis jambu yang disukai banyak orang karena memiliki biji yang lebih sedikit dengan tekstur buah renyah. Dibalik rasanya yang lezat, manfaat jambu kristal juga ternyata sangat baik untuk tubuh. Kandungan vitamin C dan serat tinggi yang ada pada jambu kristal dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh. 

Ada dua jenis jambu kristal yaitu jambu kristal dengan daging buah merah dan jambu kristal dengan daging buah putih. Pada dasarnya, kedua jenis jambu memiliki kandungan gizi yang sama, hanya warna daging buahnya saja yang berbeda. Berikut manfaat jambu kristal yang wajib Anda ketahui. 

1. Memperbaiki Sistem Pencernaan

Sudah bukan rahasia lagi jika jambu kristal dapat membantu memperbaiki sistem pencernaan. Kandungan serat dalam jambu kristal dikenal baik untuk menjaga serta memperlancar sistem pencernaan. Rutin mengkonsumsi jambu kristal dapat membantu memenuhi kebutuhan serat harian Anda. 

Serat harian yang terpenuhi akan membuat usus bekerja lebih baik dalam mencerna makanan yang masuk. Dengan begitu, gangguan pencernaan seperti sembelit tidak akan terjadi pada Anda. Tidak hanya bagian buahnya saja, daun jambu kristal juga mengandung antimikroba yang dapat membantu mengatasi diare. 

2. Meredakan Flu

Jambu kristal dapat membantu meredakan flu berkat sifat antimikroba yang ada di dalamnya. Mikroba atau bakteri penyebab flu bisa diatasi dengan rutin mengkonsumsi jambu kristal. Kandungan vitamin C dan antioksidan yang ada di dalamnya dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh. Sistem imun yang terjaga dapat membuat tubuh lebih kuat dalam menghadapi serta melawan serangan virus yang dapat mengganggu kesehatan tubuh.

3. Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Mata adalah salah satu organ tubuh yang cukup rentan terkena masalah. Di era digital seperti sekarang, kerusakan mata akibat terlalu lama berada di depan gadget menjadi meningkat. Bukan tanpa alasan, gadget seakan menjadi ‘makanan’ sehari-hari yang tidak bisa dilepaskan. Terlalu lama menatap layar ponsel, komputer, dan laptop dapat membuat mata menjadi lelah dan daya penglihatan menurun. 

Jambu kristal memiliki kandungan vitamin A tinggi yang dapat membantu menjaga kesehatan mata agar tidak terkena gangguan penglihatan seperti rabun dan katarak. Setiap 100 gram jambu kristal dapat memenuhi 21% kebutuhan vitamin A harian. 

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Jambu kristal dapat membantu menekan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Kandungan kalium dan serat larut yang ada pada jambu kristal terbilang cukup tinggi, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan meminimalisir terjadinya penyakit jantung. 

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa jambu kristal dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan mengontrol tekanan darah. Kolesterol jahat dan tekanan darah tinggi dikenal sebagai dua pemicu utama dari penyakit jantung. 

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan saja, jambu kristal juga bermanfaat untuk kecantikan. Jambu kristal dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Memiliki kulit sehat dan cerah tentu menjadi idaman banyak orang. 

Kandungan vitamin E dan antioksidan tinggi yang terdapat dalam jambu kristal dapat membuat kulit tampak lebih sehat dan terawat. Vitamin E membantu pembentukan kolagen dalam kulit sehingga struktur dan elastisitasnya menjaga lebih terjaga. Kedua kandungan dalam jambu kristal ini juga dapat berperan sebagai penjaga kelembaban alami pada kulit. 

6. Membantu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tubuh membutuhkan ‘pelindung’ agar tidak mudah terserang penyakit. Kandungan vitamin C yang terdapat dalam jambu kristal dapat membantu meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh. Peningkatan imunitas ini dapat membuat tubuh menjadi lebih siap dalam melawan serangan virus penyebab penyakit. 

Demikianlah 6 manfaat jambu kristal untuk kesehatan dan kecantikan yang wajib Anda ketahui. Jambu kristal termasuk tanaman yang mudah untuk dirawat, Anda bisa menanamnya di halaman rumah. Apabila ingin membelinya di pasar, jambu kristal biasanya dijual dengan harga yang cukup terjangkau. 

Untuk mendapatkan jambu kristal dengan kualitas terbaik tersebut, Anda bisa berbelanja di TaniHub. Tanihub merupakan platform e-commerce yang menawarkan produk dari para petani lokal yang ingin menjual hasil panen mereka langsung ke pembeli. Selain membantu para petani lokal, Anda juga bisa mendapatkan penawaran harga yang lebih terjangkau langsung dari petaninya. 

Bukan hanya jambu kristal, Anda juga dapat membeli aneka buah, sayur, bumbu, telur & unggas, kebutuhan masak hingga sembako. Lengkap bukan? Yuk belanja di TaniHub.

Posting Komentar untuk "Berikut 6 Manfaat Jambu Kristal yang Wajib Diketahui"

List Blog Keren Rajabacklink