Kenali 5 Macam Laporan Keuangan Dalam Akuntansi

laporan keuangan akuntansi

RubrikSEO - Di dalam sebuah perusahaan, tentunya banyak sekali elemen dan unsur yang turut berpengaruh akan besar atau tidaknya perusahaan itu. Utamanya, perihal segala sesuatu yang berkaitan dengan pendataan, monitoring, dan pemantauan kondisi keuangan perusahaan. Satu diantaranya, ialah bagaimana laporan keuangan perusahaan tersaji dengan sangat baik. 

5 Macam Laporan Keuangan Dalam Akuntansi

Bagi Anda yang ingin berkecimpung dan menggeluti dunia bisnis, jangan lupakan elemen paling penting itu, yakni laporan keuangan. Hal mana, terdapat 5 macam laporan keuangan dalam dunia akuntansi, yang berkaitan erat dengan perusahaan. 

Laporan Keuangan Laba Rugi / Income Statement

Laporan keuangan laba rugi, termasuk dalam jenis laporan yang bertujuan untuk menjelaskan, menguraikan, sebuah skema untung dn rugi yang dialami oleh perusahaan dalam satu periode tertentu. Bisa dibilang, laporan jenis ini sangatlah penting, dan sebaiknya tidak ada kesalahan dalam penyusunan. Sebagai antisipasi, Anda bisa menggunakan aplikasi akuntansi terbaik dari Jurnal.id yang bisa membantu penyusunan laporan keuangan perusahaan dengan sangat sistematis dan praktis. 

Selain menjelaskan grafik untung dan rugi perusahaan, laporan jenis ini turut menjabarkan arus keuangan lain, misalnya pengeluaran untuk pajak. Secara sederhana, laporan ini berperan sebagai bahan evaluasi, bagaimana perusahaan akan bertindak ke depannya.

Laporan Keuangan terkait perubahan modal

Setiap perusahaan yang didirikan, tentunya terdapat catatan berapa modal awal yang dimiliki untuk menggerakkan laju perusahaan. Seiring berjalannya waktu, modal perusahaan tentunya akan mengalami perubahan, tergantung bagaimana kinerja perusahaan itu. Umumnya, perusahaan yang semakin besar, modalnya akan semakin bertambah pula setiap periodenya. 

Dengan adanya perkembangan dan perubahan, maka laporan modal perusahaan pun perlu didata dan diolah, sekecil apapun perubahan modal itu. Dalam laporan perubahan modal, data yang ditampilkan tidak hanya berupa angka numerik, akan tetapi juga tersemat deskripsi yang menyebabkan adanya perubahan modal tersebut. 

Neraca / Balance Sheet

Secara umum, laporan jenis Neraca ini memiliki maksud untuk mendeskripsikan atau menguraikan sebuah kondisi, informasi, posisi, dan segala liku keuangan perusahaan, pada periode tertentu. Dalam laporan Neraca, perusahaan bisa melihat dari data yang tersaji berkaitan dengan hutang, aset, kewajiban perusahaan, hingga modal. 

Setidaknya, laporan Neraca ini akan dianggap valid, ketika 3 unsur di dalam laporan terpenuhi. Yaitu: ekuitas, liabilitas, dan aset. Tentu saja, laporan jenis ini sangat erat kaitannya dengan akuntansi bisnis, sehingga dalam penyusunan laporan pun tidak bisa main-main. Banyak yang menilai, laporan ini memerlukan bantuan aplikasi akuntansi terbaik dari Jurnal.id yang memiliki fitur terbaik dan terlengkap. 

Laporan arus kas / Cash flow statement

Sesuai dengan namanya, laporan ini memiliki maksud menunjukan data, sebuah transaksi arus masuk dan keluar kas perusahaan. Selain itu, ditinjau dari segi fungsi, laporan ini bisa dijadikan sebagai indikator landasan jumlah arus kas di masa mendatang. Sederhananya, laporan jenis ini bisa dipakai untuk laporan pertanggungjawaban yang menjelaskan skema arus kas perusahaan. 

Catatan laporan keuangan perusahaan

Laporan keuangan dalam akuntansi berikutnya adalah catatan laporan keuangan. Laporan ini, bisa disebut sebagai laporan yang kompleks, dimana perusahaan bisa melihat dan memahami keuangan perusahaan secara utuh hanya dengan mendapatkan laporan ini. 

Catatan laporan keuangan ini, secara khusus dibuat dan didesain untuk memberikan penjabaran serta penjelasan yang sangat rinci terkait laporan yang ada sebelumnya. Bisa disebut, laporan jenis ini merupakan benang merah atau laporan final, yang menjadi titik penjelas diantara laporan-laporan keuangan yang lain. 

Nah, demikianlah uraian singkat terkait 5 macam laporan keuangan dalam dunia akuntansi yang erat kaitannya di perusahaan. Bagi Anda, yang akan atau sedang berkecimpung di dunia bisnis, tentu memiliki pengetahuan terkait laporan keuangan menjadi kewajiban tersendiri.

Posting Komentar untuk "Kenali 5 Macam Laporan Keuangan Dalam Akuntansi"